Pages

Wednesday 5 January 2011

Sila Kelima Pancasila Itu Hanya Semangat Bung Karno

Sejak kecil saya selalu mencurigai salah satu sila dalam Pancasila yang berbunyi: "Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia". Sila itu mengandung "sosialisme" yang saya kagumi sebagai ideologi  yang diusung kaum progresif sekaligus saya benci sebagai ideologi yang tidak pernah berhasil diterapkan di negara manapun. Pikiran saya yang dangkal sejak masih duduk di bangku SMP, sila itu kebetulan dicetuskan oleh Bung Karno ketika beliau terkagum-kagum dengan semangat negara-negara sosialisme di Amerika Latin pada masa itu. Jadi Sila itu hanya "semangat" bung Karno saja.

Sosialisme adalah pandangan hidup yang berhasrat menguasai sarana-sarana produksi serta pembagian hasil-hasil produksi secara merata . Sosialisme sebagai ideology politik timbul dari keadaan yang kritis di bidang sosial, ekonomi dan politik akibat revousi industri . Adanya kemiskinan , kemelaratan ,kebodohan kaum buruh , maka sosialisme berjuang untuk mewujudkan kesejahteraan secara merata.

Dalam perkembangannya sosialisme terdiri dari pelbagai macam bentuk seperti sosialisme utopia , sosialisme ilmiah yang kemudian akan melahirkan pelbagai aliran sesuai dengan nama pendirinya atau kelompok masyarakat pengikutnya seperti Marxisme-Leninisme,Febianisme, dan Sosial Demokratis.

Sosialisme dapat tumbuh dan berkembang dengan baik pada masyarakat –bangsa yang memiliki tradisi demokrasi yang kuat. Unsur-unsur pemikiran yang ada dalam gerakan sosialis sebagimana tergambar di Inggris mencakup : (a) agama ; (b) idealisme e tis dan estetis ; (c) empiris Fabian ; dan (d) liberalisme .

Sosialisme yang ada disetiap negara memiliki ciri khas sesuai dengan kondisi sejarahnya . Dalam sosialisme tidak ada garis sentralitas dan tidak bersifat internasional .

Di negara-negara Barat ( lebih makmur) sosialisme diartikan sebagai cara mendistribusikan kekayaan masyarakat secara lebih merata sedangkan di negara berkembang sosialisme diartikan sebagai cara mengindustrialisasikan negara yang belum maju atau membangun suatu perekonomian industri dengan maksud manaikkan tingkat ekonomi dan pendidikan masyarakat .

Sosialisme sebagai idiologi politik yang merupakan keyakinan dan kepercayaan yang dianggap benar mengenai tatanan politik yang mencita-citakan terwujudnya kesejahteraan masyarakat secara merata melalui jalan evolusi, persuasi, konstitusional-parlementer dan tanpa kekerasan.

Alhasil, di Indonesia sejak Orde Lama , Orde Baru dan Orde Reformasi, Sosialisme sebagai bagian dari Pancasila masih mengembara jauh di alam utopia. Sebatas semangat Bung Karno? Ya.

8 orang ngopi:

Gaphe said...

berat nih bahasanya.. tapi menurut saya sila kelima tuh belon benar-benar diterapkan sempurna.. keadilan belum merata buktinya.

arie md said...

Sosialisme itu..sepotong kecurangan kemanusiaan yang diam-diam.

hae said...

hemmmh..mau ngopi dulu lalu blogwalking

Dhymalk dhykTa said...

klo menurut sy ya:

keadilan : "teringat dengan Ayat Nya: Berbuat adillah karena itu lebih dekat kepada taqwa"
Sosial : We Are Social Human Body

Seluruh Rakyat : Merata ke semua Rakyat, no partisan!!

Indonesia : Trully I Love it, Maju Terus!!

Calvin said...

um... betul juga pandangan anda.. tapi gpp lah.. mimpi bung Karno memang masih jauh dari kenyataan. walaupun Indoneisa sudah mengaku merdeka selama hampir 66 tahun. tapi penjajahan masih banyak terjadi di dalam NKRI sendiri ... tapi saya pribadi masih optimis dengan Indonesia.. Semangat !!

oh ia .. salam kenal dari Kawanua Blogger (Blogger dari kota Manado)

birthday party said...

menariik artikelnya salam kenal dan sukses selalu yaaa sobaaat :)

Ingin Belajar dot com said...

Foto Sexy SPG Cantik 2013

Kumpulan Foto Panas Artis

Foto Tante Sexy

Kumpulan Foto Nakal Tante Girang Hot

Gambar cewek Asia Jepang Bintang Bokep Telajang Bugil

ABG sexy Dan Bohay Bikin Horny

Pose Abg Nakal

ABG Cantik Dan Sexy

Tante Super Seksi 2013

Sekelebat Info

Sekilas Info

Ingin Belajar dot com

manfaat lemon said...

ada yang pernah coba lemon campur kopi ??

pelanggan setia